Wednesday, December 18, 2013

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare artinya menghitung. Menurut Wikipedia komputer berarti alat yang digunakan untuk mengolah data yang sudah dirumuskan. Pada awalnya komputer merupakan sebutan bagi orang yang melakukan perhitungan aritmatika tetapi kemudian berubah menjadi alat perhitungan itu sendiri. Pengertian komputer yang lebih tepatnya yaitu suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan komponen  yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Dari pengertian komputer yang kedua tadi terdapat kata beberapa komponen, yah memang komputer tersusun dari beberapa komponen.



Komponen-Komponen Komputer 

1. Komponen Pemproses
Komponen pemroses yaitu komponen atau alat untuk memproses data. Contohnya CPU
2. Komponen Memori
Komponen ini berfungsi sebagai alat atau media penyimpan data. Contohnya Harddisk Drive
3. Komponen Input dan Output
Komponen ini bertugas memasukan data atau menampilkan keluaran data. Contohnya mouse, keyboard, printer
4. Komponen Interkoneksi
Komponen ini bertugas menghubungkan ketiga komponen diatas

Bagian-Bagian Komputer

Bagian-bagian komputer secara garis besar dapat dibagi atau dikategorikan dalam 2 bagian besar yakni Perangkat keras atau yang biasa kita sebut Hardware dan Perangkat lunak atau Software.

A. Hardware/Perangkat Keras

Perangkat keras dalam komputer dapat dianlogikan sebagian bagian-bagian tubuh yang memberi bentuk atau  wujud dari komputer itu sendiri. Perangkat keras merupakan semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan perangkat lunak ( software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Macam-macam Hardware adalah

1. Central Processing Unit ( CPU )
CPU merupakan komponen terpenting dari sebuah komputer tanpa ia komputer tidak akan bekerja dengan semestinya. CPU merupakan perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. CPU sering disebut juga dengan pemproses atau prosesor.



2. Harddisk Drive
Harddisk Drive atau yang biasa disebut HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

3. RAM

RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan data serta instruksi program. Data yang disimpan dalam RAM ini sifatnya sementara, artinya data yang ada akan hilang ketika komputer dimatikan atau dayanya dicabut.



4. Perangkat Masukan / Perangkat Input

Perangkat masukan merupakan perangkat keras atau media yang digunakan untuk memasukan data. Contoh perangkat input adalah mouse, keyboard.

5. Perangkat Keluaran / Output

Perangkat ini bertugas menampilkan hasil dari  input data dan pemprosesan data oleh CPU.  Contohnya adalah monitor, printer, spiker, dan proyektor.

B. Software

Softaware merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai penghubung antara perangkat keras (hardware) dengan brainware atau user. Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Jika hardware kita ibaratkan sebagai bagian tubuh seperti tangan, kaki dan mata, software dapat kita umpamakan sebagai ruh dari komputer itu sendiri. Berbeda dengan hardware yang dapat diraba dan dirasakan, software tidak dapat diraba atau disentuh maka dari itu ia disebut sebagai perangkat lunak. Banyak sekali jenis-jenis software . Contoh software Operating System/OS yaitu Windows, Linux dan sebagainya. 

Sebenarnya ada satu bagian lagi dari komputer yaitu Brainware. Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware atau manusia adalah unsur utama dalam terbentuknya sebuah sistem komputer karena manusia mampu merancang bagaimana sebuah komputer dapat terbentuk dan berjalan baik sesuai yang dikehendakinya.



Sekian saja informasi dari saya, jika ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat ;-)




( Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Komputer http://seven-jon.blogspot.com/2013/03/pengertian-ram.html http://www.slideshare.net/deddyronaldo/konsep-dasar-komputer http://www.hendra-jatnika.web.id/index.php/bra/132-pengetian-brainware)

2 comments: